Selasa, 03 Desember 2013

E-commerce

E-COMMERCE
SEJARAH E-COMMERCE

 E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.
PENGERTIAN E-COMMERCE

E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektroniK, e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-commerce juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:
  •   Menyediakan harga kompetitif
  •  Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
  • Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
  •  Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
  • Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
  • Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
  • Mempermudah kegiatan perdagangan.


Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:

  • E-mail dan Messaging
  • Content Management Systems
  •  Dokumen, spreadsheet, database
  • Akunting dan sistem keuangan
  • Informasi pengiriman dan pemesanan
  • Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
  • Sistem pembayaran domestik dan internasional
  • Newsgroup
  • On-line Shopping
  • Conferencing
  • Online Banking
Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini antara lain: eBay, Yahoo, Amazon.com, Google, dan Paypal, tradeworld.com, bhineka.com, fastncheap.com, tokobagus.com

CONTOH PENGGUNAAN E-COMMERCE 
Tokobagus merupakan salah satu situs penyedia layanan jual dan beli, yang menggunakan media jual beli online GRATIS, artinya setiap individu maupun perusahaan bisa mendaftar sebagai member di Tokobagus dan mulai menjual barang dan jasa secara online, 24 jam sehari. Semua iklan yang ada di situs ini dibuat oleh penggunanya sendiri, baik yang menjual maupun mencari barang. Tokobagus didirikan pada tanggal 9 Juni 2005 oleh dua orang pemuda asal Belanda, Arnold Sebastian Egg dan Remco Lupker. Media untuk mempromosi Tokobagus mulai melalui stasiun TV lokal, radio, majalah dan pembagian stiker, dan setelah itu terus tumbuh “under the radar”. Tokobagus tidak menganut sistem “release it and forget it”, melainkan terus melakukan perbaikan demi meningkatkan kepuasan member pada khususnya dan pengguna pada umumnya. Tokobagus kini telah menjadi satu-satunya situs jual beli online terbesar sekaligus terpopuler di Indonesia. Dengan jumlah pengunjung yang mencapai 100.000 pengunjung setiap harinya, menjadikan tokobagus sebagai situs penyedia layanan jual dan beli yang cukup dipercaya. Di belakang Tokobagus.com adalah PT Tokobagus, yang kini berkantor pusat di Denpasar, Bali.

Berikut ini cara daftar dan pasang iklan di tokobagus.com:
1.       Buka alamat http://www.tokobagus.com kemudian klik pasang iklan gratis
2.       kemudian isikan kategori utama untuk produk Anda, kurang lebih ada sekitar 40 kategori silahkan pilih sesuai dengan kategori produk yang akan anda iklankan
3.       setelah pilih kategori utama kemudian ada sub kategori silahkan di isi setelah itu isi lagi dengan kategori yang bener benar sesuai dengan produk yang akan di iklankan
4.       isikan lokasi kita
5.       pilih tipe iklanya di paling bawah dan masukan alamat email kita kemudian klik lanjutkan
6.       kemudian pilih user name serta memilih propinsi dimana kita tinggal serta nomor telephone yang bisa di hubungi
7.       masukan judul iklan semenarik mungkin agar para calon pembeli tertarik dengan iklan kita meskipun barang yang kita tawarkan sama
8.       masukan harga serta kondisi barang tersebut, apakah baru, bekas,dsb, setelah itu masukan deskripsi barang yang akan kita jual sejelas mungkin maksimal 400 karakter
9. kemudian langakah terakhir upload foto barang yang akan kita promosikan di tokobagus.com melalui kotak yang ada di bawah, cara upload gambar ke tokobagus.com kita cukup klik logo pilih gambar kemudian kita cari gambar kita di mana kita simpan. 
10.  kemudian kita klik upload, dan kita tunggu prosesnya jika sudah selesai tinggal kita klik lanjutkan. 
11.  klik simpan dan untuk mengaktifkan iklan anda di tokobagus.com yang sudah anda buat silahkan membuka email dari pihak tokobagus kemudian lakukan aktifasi dan login ke akun tokobagus kita dan kemudian aktifkan iklan yang telah kita buat tadi
Di email yang dikrimkan oleh pihak tokobagus.com tersebut akan berisi dengan password id anda untuk melakukan login di akun tokobagus.com . Setelah melihat iklan yang dipasang di Tokobagus.
Pembeli dapat melakukan pemesanan dan pembayaran, dengan cara berikut:


  • Cara pemesanan Tokobagus.com:
Cara pemesanan barang melalui Tokobagus.com bisa melalui telpon. Pada saat kita meng entri data di kolom description barang yang akan kita jual, kita bisa memasukan no telpon atau Hp yang bisa dihubungi oleh si calon pembeli.
  • Cara pembayaran Tokobagus.com:
Cara pembayaran yang dapat dilakukan jika kita membeli barang melalui Tokobagus.com sesuai dengan kesepakatan antara pihak penjual dan pihak pembeli. Jika kita sudah melihat barang yang akan kita beli dan sudah ada kesepakatan atau “deal” kita bisa memilih cara pembayaran apakah dengan transfer melalu atm atau bank, bisa juga melakukan pembayaran secara tunai. Jika kita melakukan pembayaran dengan cara transfer kemudian barang tersebut akan dikirim menggunakan jasa kirim JNE atau TIKI.
  • Kelebihan TokoBagus.com:
Ada fitur “Verified Member” dimana kita bisa lebih meyakinkan pembeli bahwa kita adalah penjual yang sudah termasuk verified member.
  • Kelemahan TokoBagus.com:
Tidak ada fitur “SUNDUL GAN” (menaikkan ratting suatu lapak yang menjual suatu barang,lapak disini maksudnya adalah kolom yang disediakan bagi para penjual barang). jadi lapak kita akan semakin tenggelam dengan banyaknya lapak-lapak yang baru saja dibuat oleh para penjual lainnya.
 Keamanan Untuk Melakukan Pembayaran
Cara pembayaran di situs toko bagus dilakukan atas kesepatan antara pembeli dan penjual. Awalnya Pembeli akan menghubungi penjual melalui Email atau Nomor Telp/Hp yang tertera pada produk yang diiklankan. Dari sinilah kedua belah pihak menentukan dan menyepakati transaksi bagaimana yang mereka inginkan, misalnya saja Transfer lewat Bank atau Cash On Delivery (COD). Untuk cara yang pertama butuh rasa kepercayaan yang tinggi terhadap penjual maupun pembeli karena banyak sekali kasus Penipuan/Cybercrime yang memanfaatkan cara ini. Dengan sistem ini biasaya barang akan dikirim dengan titipan kilat. Dan cara yang kedua adalah Cash On Delivery. Cara ini dirasa cukup aman untuk melakukan transaksi dimana kedua pihak terkait bertemu dan melakukan pembayaran di suatu tempat yang sudah dijanjikan sebelumnya. Dengan sistem ini barang langsung diantar oleh penjual dan pembeli pun langsung bisa mengecek kondisi dari barang tersebut.
Manfaat e-commerce bagi konsumen
1.       E-commerce memungkinkan pelanggan untuk berbelanja atau melakukan transaksi lain selama 24 jam sehari sepanjang tahun dari hampir setiap lokasi.
2.       E-commerce meemberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan; mereka bisa memilih berbagai produk dari banyak vendor.
3.       E-commerce menyediakan produk-produk dan jasa yang tidak mahal kepada pelanggan dengan cara mengunjungi banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.
4.       Dalam beberapa kasus, khususnya pada produk-produk yang digitized, EC menjadikan pengiriman menjadi sangat cepat.
5.       Pelanggan bisa menerima informasi relevan secara detail dalam hitungan detik, bukan lagi hari atau minggi.
6.       E-commerce memungkinkan partisipasi dalam pelelangan maya (virtual auction).
7.       E-commerce memberi tempat bagi para pelanggan untuk berinteraksi dengan pelanggan lain di electronic community dan bertukar pikiran serta berbagai pengalaman.
8.       E-commerce memudahkan persaingan, yang pada akhirnya akan menghasilkan diskon secara substansial.
 
Manfaat e-commerce bagi bisnis
1.       Perusahaan-perusahaan dapat menjangkau pelanggan diseluruh dunia. Oleh karena itu dengan memperluas bisnis mereka, sama saja dengan meningkatkan keuntungan.
2.       e-commerce menawarkan pengurangan sejumlah biaya tambahan. Sebuah perusahaan yang melakukan bisnis diinternet akan mengurangi biaya tambahan karena biaya tersebut tidak digunakan untuk gedung dan pelayanan pelanggan (customer service), jika dibandingkan dengan jenis bisnis tradisional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar