E-COMMERCE
SEJARAH E-COMMERCE
E-commerce
pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali
banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu
halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik
menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang
lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat
non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar
US pada tahun 2011.
PENGERTIAN E-COMMERCE
E-commerce
atau bisa disebut Perdagangan elektronik adalah penyebaran, pembelian,
penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet
atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan
transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen
inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri
teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan
penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial,
seperti: transfer dana secara elektroniK, e-pemasaran (e-marketing), atau
pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online
transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data
interchange /EDI), dll.
e-commerce
merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak
hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis,
pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-commerce
juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat
atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain
seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang
ini.
Dalam
banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya
mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang
handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi
bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang
bagus, beberapa faktor yang termasuk:
- Menyediakan harga kompetitif
- Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
- Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
- Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
- Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
- Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
- Mempermudah kegiatan perdagangan.
Beberapa
aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:
- E-mail dan Messaging
- Content Management Systems
- Dokumen, spreadsheet, database
- Akunting dan sistem keuangan
- Informasi pengiriman dan pemesanan
- Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
- Sistem pembayaran domestik dan internasional
- Newsgroup
- On-line Shopping
- Conferencing
- Online Banking
Perusahaan yang
terkenal dalam bidang ini antara lain: eBay, Yahoo, Amazon.com, Google, dan
Paypal, tradeworld.com, bhineka.com, fastncheap.com, tokobagus.com
CONTOH PENGGUNAAN E-COMMERCE
Tokobagus merupakan salah satu situs penyedia layanan
jual dan beli, yang menggunakan media jual beli online GRATIS, artinya setiap
individu maupun perusahaan bisa mendaftar sebagai member di Tokobagus dan mulai
menjual barang dan jasa secara online, 24 jam sehari. Semua iklan yang ada di
situs ini dibuat oleh penggunanya sendiri, baik yang menjual maupun mencari
barang. Tokobagus didirikan pada tanggal 9 Juni 2005 oleh dua orang pemuda asal
Belanda, Arnold Sebastian Egg dan Remco Lupker. Media untuk mempromosi
Tokobagus mulai melalui stasiun TV lokal, radio, majalah dan pembagian stiker,
dan setelah itu terus tumbuh “under the radar”. Tokobagus tidak menganut sistem
“release it and forget it”, melainkan terus melakukan perbaikan demi
meningkatkan kepuasan member pada khususnya dan pengguna pada umumnya.
Tokobagus kini telah menjadi satu-satunya situs jual beli online terbesar
sekaligus terpopuler di Indonesia. Dengan jumlah pengunjung yang mencapai
100.000 pengunjung setiap harinya, menjadikan tokobagus sebagai situs penyedia
layanan jual dan beli yang cukup dipercaya. Di belakang Tokobagus.com adalah PT
Tokobagus, yang kini berkantor pusat di Denpasar, Bali.
Berikut ini cara daftar dan pasang iklan di tokobagus.com:
1. Buka
alamat http://www.tokobagus.com kemudian klik
pasang iklan gratis
2. kemudian
isikan kategori utama untuk produk Anda, kurang lebih ada sekitar 40 kategori
silahkan pilih sesuai dengan kategori produk yang akan anda iklankan
3. setelah
pilih kategori utama kemudian ada sub kategori silahkan di isi setelah itu isi
lagi dengan kategori yang bener benar sesuai dengan produk yang akan di
iklankan
4. isikan
lokasi kita
5. pilih
tipe iklanya di paling bawah dan masukan alamat email kita kemudian klik
lanjutkan
6. kemudian
pilih user name serta memilih propinsi dimana kita tinggal serta nomor
telephone yang bisa di hubungi
7. masukan
judul iklan semenarik mungkin agar para calon pembeli tertarik dengan iklan
kita meskipun barang yang kita tawarkan sama
8. masukan
harga serta kondisi barang tersebut, apakah baru, bekas,dsb, setelah itu
masukan deskripsi barang yang akan kita jual sejelas mungkin maksimal 400
karakter
9. kemudian
langakah terakhir upload foto barang yang akan kita promosikan di tokobagus.com
melalui kotak yang ada di bawah, cara upload gambar ke tokobagus.com kita cukup
klik logo pilih gambar kemudian kita cari gambar kita di mana kita simpan.
10. kemudian
kita klik upload, dan kita tunggu prosesnya jika sudah selesai tinggal kita
klik lanjutkan.
11. klik
simpan dan untuk mengaktifkan iklan anda di tokobagus.com yang sudah anda buat
silahkan membuka email dari pihak tokobagus kemudian lakukan aktifasi dan login
ke akun tokobagus kita dan kemudian aktifkan iklan yang telah kita buat tadi
Di email yang dikrimkan oleh pihak tokobagus.com tersebut
akan berisi dengan password id anda untuk melakukan login di akun tokobagus.com . Setelah melihat iklan yang dipasang di
Tokobagus.
Pembeli dapat melakukan pemesanan dan pembayaran, dengan cara
berikut:
- Cara pemesanan Tokobagus.com:
- Cara pembayaran Tokobagus.com:
- Kelebihan TokoBagus.com:
- Kelemahan TokoBagus.com:
Keamanan Untuk Melakukan Pembayaran
Cara pembayaran di situs toko bagus dilakukan atas
kesepatan antara pembeli dan penjual. Awalnya Pembeli akan menghubungi penjual
melalui Email atau Nomor Telp/Hp yang tertera pada produk yang diiklankan. Dari
sinilah kedua belah pihak menentukan dan menyepakati transaksi bagaimana yang
mereka inginkan, misalnya saja Transfer lewat Bank atau Cash On Delivery (COD).
Untuk cara yang pertama butuh rasa kepercayaan yang tinggi terhadap penjual
maupun pembeli karena banyak sekali kasus Penipuan/Cybercrime yang memanfaatkan
cara ini. Dengan sistem ini biasaya barang akan dikirim dengan titipan kilat.
Dan cara yang kedua adalah Cash On Delivery. Cara ini dirasa cukup aman untuk
melakukan transaksi dimana kedua pihak terkait bertemu dan melakukan pembayaran
di suatu tempat yang sudah dijanjikan sebelumnya. Dengan sistem ini barang
langsung diantar oleh penjual dan pembeli pun langsung bisa mengecek kondisi
dari barang tersebut.
Manfaat e-commerce bagi konsumen
1. E-commerce
memungkinkan pelanggan untuk berbelanja atau melakukan transaksi lain selama 24
jam sehari sepanjang tahun dari hampir setiap lokasi.
2. E-commerce
meemberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan; mereka bisa memilih berbagai
produk dari banyak vendor.
3. E-commerce
menyediakan produk-produk dan jasa yang tidak mahal kepada pelanggan dengan
cara mengunjungi banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.
4. Dalam
beberapa kasus, khususnya pada produk-produk yang digitized, EC menjadikan
pengiriman menjadi sangat cepat.
5. Pelanggan
bisa menerima informasi relevan secara detail dalam hitungan detik, bukan lagi
hari atau minggi.
6. E-commerce
memungkinkan partisipasi dalam pelelangan maya (virtual auction).
7. E-commerce
memberi tempat bagi para pelanggan untuk berinteraksi dengan pelanggan lain di
electronic community dan bertukar pikiran serta berbagai pengalaman.
8. E-commerce
memudahkan persaingan, yang pada akhirnya akan menghasilkan diskon secara
substansial.
Manfaat e-commerce bagi bisnis
1. Perusahaan-perusahaan
dapat menjangkau pelanggan diseluruh dunia. Oleh karena itu dengan memperluas
bisnis mereka, sama saja dengan meningkatkan keuntungan.
2. e-commerce
menawarkan pengurangan sejumlah biaya tambahan. Sebuah perusahaan yang
melakukan bisnis diinternet akan mengurangi biaya tambahan karena biaya
tersebut tidak digunakan untuk gedung dan pelayanan pelanggan (customer
service), jika dibandingkan dengan jenis bisnis tradisional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar